Change Font Size

Change Screen

Change Profile

Change Layouts

Change Menu Styles

Cpanel

“MENGANGKAT BATANG TERENDAM
MENGAIT BARANG NAN LAH ANYUT”

Badan Perpustakaan dan Arsip Daerah Provinsi Jambi mengadakan Lomba Pidato Bahasa Jambi tingkat SKPD di Lingkungan Pemerintah Provinsi Jambi Tahun 2012 yang dilaksanakan selama 2 (dua) hari dari tanggal 21 s.d. 22 Mei 2012, bertempat di Aula Badan Perpustakaan dan Arsip Daerah Provinsi Jambi.

Lomba Pidato Bahasa Jambi di Lingkungan Pemerintah Provinsi Jambi Tahun 2012 dilaksanakan khusus bagi karyawan/karyawati seluruh SKPD di Lingkungan Pemerintah Provinsi Jambi. Undangan yang disebar untuk para peserta secara keseluruhan berjumlah 35 sesuai dengan jumlah SKPD yang ada di Pemerintah Provinsi Jambi. Adapun jumlah peserta yang mengikuti lomba ini sebanyak 15 orang peserta, berdasarkan wawancara dan analisis dengan para peserta mayoritas merasa masih banyak kendala berpidato dengan menggunakan Bahasa Jambi karena masih kurangnya referensi yang dimiliki oleh peserta yang bersangkutan.

Pada kegiatan Lomba Pidato Bahasa Jambi ini diawali dengan laporan oleh H. ALI DASRIL, SH. selaku Kepala Badan Perpustakaan dan Arsip Daerah Provinsi Jambi. Dalam penyampaian laporan disebutkan bahwa tujuan dilaksanakannya Lomba Pidato Bahasa Jambi di Lingkungan Pemerintah Provinsi Jambi Tahun 2012 adalah untuk mempromosikan perpustakaan kepada masyarakat Jambi agar dengan sadar dapat memanfaatkan dan mendayagunakan sumber-sumber informasi yang disediakan oleh perpustakaan termasuk koleksi seni, budaya dan Bahasa Jambi serta bahasa lainnya, memberikan informasi tentang pelayanan dan jasa terbaik yang disediakan oleh perpustakaan sekaligus memberikan motivasi kepada masyarakat untuk memanfaatkan pelayanan dan jasa yang ditawarkan oleh perpustakaan, dan menumbuhkembangkan kegemaran membaca masyarakat dengan menyediakan bahan-bahan bacaan yang lengkap dan berbobot.

Lomba Pidato Bahasa Jambi Tahun 2012 ini dibuka secara resmi oleh Wakil Gubernur Jambi H. FACHRORI UMAR. Dalam pengarahannya Wakil Gubernur Jambi mengharapkan melalui kegiatan Lomba Pidato Bahasa Jambi di Lingkungan Pemerintah Provinsi Jambi Tahun 2012 ini diharapkan menjadi salah satu upaya melestarikan seni, budaya dan Bahasa Jambi sebagai bahasa kebanggaan Masyarakat Jambi. Harapan lain dari kegiatan lomba ini agar diadakan kembali di masa datang dengan tema dan gema yang lebih sensasional ke seleruh lapisan Masyarakat Jambi dengan tidak lupa bahwa untuk mendukung pelestarian seni, budaya dan bahasa ini, perpustakaan adalah solusi tepat karena sebagai pengumpul informasi, pengolah, melayani dan mendayagunakan semua informasi termasuk Bahasa Jambi.

Pesan selanjutnya adalah agar Tim Juri Lomba Pidato Bahasa Jambi di Lingkungan Pemerintah Provinsi Jambi Tahun 2012 yaitu Bapak Drs. H. Junaidi T Noor, MM, Datuk H. Sulaiman Hasan dan H. Nawawi (Pak Do) sebagai tim juri kawakan bidang seni, budaya dan Bahasa Jambi agar kiranya dapat meluruskan penggunaan Bahasa Jambi di Stasiun Televisi Jambi yang baik dan benar sesuai kaidah Bahasa Jambi yang sesungguhnya.

“MENGANGKAT BATANG TERENDAM MENGAIT BARANG NAN LAH ANYUT” adalah tema yang diusung dan mengandung makna yang mendalam, mengajak kita agar tidak larut melupakan seni, budaya, dan bahasa, agar kita selalu menjaga kelestarian hasil karya budaya daerah yang telah disemai, dipupuk, dan dilestarikan oleh para leluhur kita. Tema ini tersirat bahwa seni, budaya dan bahasa Jambi mulai terkikis oleh hiruk pikuk budaya bangsa lain, bahkan bisa jadi budaya kita mulai dilupakan, dikesampingkan atau bahkan dihilangkan.

Lomba Pidato Bahasa Jambi di Lingkungan Pemerintah Provinsi Jambi artinya adu keterampilan, ketangkasan, kekuatan dalam penguasaan Bahasa Jambi dalam hal dunia perpustakaan bagi para peserta karyawan/karyawati dari seluruh SKPD yang ada di Pemerintahan Provinsi Jambi dengan tujuan agar masyarakat Jambi khususnya para pegawai Pemerintah Provinsi Jambi dapat memanfaatkan perpustakaan sebagai sumber informasi terlengkap dalam berbagai aspek termasuk Bahasa Jambi, dan kedepan dapat melestarikan dan mengembangkan seni, budaya dan Bahasa Jambi sebagai bahasa kebanggaan masyarakat Jambi.

Lomba Pidato Bahasa Jambi ini adalah hasil karya cerdas, berkreatifitas, dan berinovasi menciptakan suatu terobosan baru dalam membangun dan mempersiapkan para pencinta seni, budaya dan Bahasa Jambi melalui perpustakaan sebagai penggerak dan pendorong untuk mewujudkan budaya gemar membaca masyarakat Jambi. Pencinta seni, budaya dan Bahasa Jambi akan lebih luas wawasannya apabila dapat memanfaatkan perpustakaan sebagai instansi yang bertugas sebagai pengumpul sumber informasi, pengolahan, pelestarian dan pelayanan semua koleksi termasuk koleksi Jambi kepada masyarakat yang dapat didayagunakan tanpa dipungut biaya.

Tujuan lomba ini adalah mempromosikan perpustakaan khususnya Badan Perpustakaan dan Arsip Daerah Provinsi Jambi kepada masyarakat agar dapat berkunjung dan memanfaatkan sumber koleksi yang tersedia. Inti dari lomba ini juga adalah mencerdaskan dan mempersiapkan SDM yang tetap eksis menjaga kelestarian budaya bangsa yaitu bahasa Jambi agar kedepan Bahasa Jambi semakin dicintai dan tetap menjadi kebanggaan masyarakat.

Pada lomba Tahun 2012 ini, Juara I adalah Dra. Syarifah Asnah dari Instansi Kesbangpol Provinsi Jambi, Juara II adalah Syamsul Bahri, S.Sos dari Dinas ESDM Provinsi Jambi, Juara III adalah Hepni berasal dari Badan Ketahanan Pangan Provinsi Jambi, Juara Harapan I adalah Junaidi, SE berasal dari Dinas Pendapatan Provinsi Jambi, dan Juara Harapan II adalah Nurman Jamal, ST berasal dari Dinas Pekerjaan Umum Provinsi Jambi.

Sebelum menutup acara secara resmi, kepada pemenang lomba diserahkan hadiah berupa trophy, piagam dan uang tunai untuk Juara I sebesar Rp. 1.300.000, Juara II sebesar Rp. 1.100.000, Juara III sebesar Rp. 900.000, Juara Harapan I sebesar Rp. 700.000, dan Juara Harapan II sebesar 500.000.

Online Public Acces Catalog